FFWI 2023

Festival Film Wartawan Indonesia 2023

FFWI 2023

Terlepas dari berbagai permasalahan yang ada, dalam kaitan itu, perfilman Indonesia masih tetap eksis. Untuk itu kita selayaknya bersyukur dan merayakanya. Untuk Itu Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) hadir untuk memberikan penghargaan untuk Film dengan Memberikan Piala Gunung.

Penjurian FFWI dilakukan dalam dua tahap, yakni oleh Panitia dan Dewan Juri. Panita akan menyeleksi film yang telah ditayangkan mulai tanggal 1 Sepember 2022 hingga 30 September 2023 di bioskop dan OTT (Over The Top).

Pada tahap pertama, penilaian akan dilakukan oleh Dewan Juri Awal, yang terdiri dari 31 wartawan dari beberapa kota di Indonesia. dan Dewan Juri Akhir yang terdiri dari 9 wartawan.

Dewan Juri Awal

Miftachul Arifin

Ketua Juri Awal

Pernah jadi Nominator kategori Karya Kritik Film FFI 2021. Menerbitkan (selfpublishing) novel fantasi Mansheviora (2015-2021) ISI Yogyakarta

Ratih Nugraini

Sekretaris Juri Awal

Penyuka film drama Korea, musik dan sastra. Banyak menulis kegiatan dunia hiburan Indonesia, dan hasil tulisannya tersebar di berbagai media online.

Ady Prawira Riandi

Kompas.com

Sangat menikmati pekerjaan sebagai wartawan hiburan, terutama karena bisa melihat dari dekat pergerakan perfilman Indonesia.

Abbas

KapanLagi.com

Menyukai film sejak kecil dan berharap bisa mewujudkan mimpi jadi scriptwriter. Kini, sedang merampungkan novel terbaru.

Bayu Indra Permana

Tribunnews.com

Hobi nonton film dan bermain game, Betah di dunia jurnalistik, karena bidang liputan saat ini berhubungan dengan perfilman.

D. Novriansyah

Akuratnews.com

Tahun ini, untuk ketiga ikut jadi juri FFWI, Sebelumnya, jebolan Hubungan Internasional UMY ini pernah pula jadi juri Usmar Ismail Award (UIA) 2018.

Dian Warastuti

Harian Waspada Medan

Mengaku masih banyak belajar dalam penulisan dan penilaian sebuah film. Keikutsertaan sebagai juri dalam FFWI, memberi kesempatan baginya untuk terus belajar.

Edo Maitreya

Urbannews.co

Wartawan senior yang bergerak di penulisan musik dan film. Kini sedang mempersiapkan buku biografi Karimata Band.

Fitriawan Ginting

Jurnas.com

Tahun ketiga jadi juri FFWI. Berpengalaman sebagai wartawan dengan bidang penulisan beragam. Mulai hiburan, olahraga, kesehatan, pendidikan, politik hingga kriminal.

Nuti Laraswaty

Cinemags.org

Selain jadi penulis, ia hobi nonton dan melancong, sehingga dua hal itu memperluas pemahamannya untuk mereview sebuah film.

Thomas D.Manggala

SindoMedia

Tiga kali jadi juri FFWI. Sangat Aktif dalam berbagai pelayaan di Keuskupan Agung Jakarta, selain juga aktif di berbagai organisasi kewartawanan.

Akhmad Sekhu

Hallo.id

Berkarir sebagai wartawan di banyak media. Ia dikenal pula sebagai sastrawan dari Tegal, Jawa Tengah yang menulis banyak cerpen, puisi juga novel sastra

Suprianto

TabloidBintang.com

Sempat jadi reporter TPI dan masuk ke media Infotainment. Kini di Tabloidbintang.com mengulas musik, film gossip dan gaya hidup

Rosyid E. Abby

Pikiran Rakyat

Wartawan senior, penyair, penulis skenario, sutradara, pengajar di Universitas Pasundan, Ketua Pengamat Film Indonesia Festival Film Bandung dan jadi JUri FFWI sejak 2021